27 Maret 2009

Charlie Caplin 3

Sinopsis Singkat :

Salah satu film yang di perankan oleh Caplin adalah Modern Times (sekitar tahun 1931). Film ini berdurasi 87 menit yang bercerita tentang zaman revolusi industri .Di film tersebut Caplin berperan sebagai seseorang yang berusaha mencari pekerjaan. Di masa itu, mendapatkan pekerjaan sangat sulit karena sedang memasuki peralihan masa modernisai yang lebih banyak menggunakan tenaga mesin sehingga tenaga manusia jarang di gunakan lagi. Sehingga Caplin mengalami banyak sekali kesulitan yang di hadapi untuk mendapati pekerjaan yang dapat di kerjakan olehnya.

Pada akhirnya, setelah mengalami rintangan yang cukup panjang dan bertemu seorang gadis, Chaplin akhirnya mendapatkan pekerjaan sebagai pelayan dan penyanyi di sebuah cafe. Dan akhirnya menempuh kehidupan yang baru dengan seorang gadis tersebut.



Komentar :

Menurut kami, Charlie Caplin merupakan seorang aktor film bisu (pantomim) yang sangat kawakan di bidangnya. Hal itu nyata dari banyaknya pengalaman dalam hidupnya dalam dunia per-film-an dan dunia panggung yang Ia mulai sejak usianya berumur 5 tahun. Banyak orang mengenal dirinya dengan ciri khas potongan kumis petak dengan kostum berupa jas kesempitan , celana panjang yang kebesaran, serta kemana-mana selalu membawa tongkat dan memakai topi tinggi. Tetapi justru gayanya yang khas dan unik itulah yang membuat orang mudah mengingatnya dan sekaligus membuat namanya menjadi legendaris.

Caplin juga merupakan seorang yang sangat gigih dalam pencapaian cita-citanya. Hal itu terbukti dari perjuangan merintis karir dari 0 (nol) hingga menjadi sukses dan melegendaris. Menurut kami, Caplin juga merupakan orang yang pandai dalam pembuatan film, dimana saat itu dunia per-film-an sudah tidak memproduksi film bisu (pantomim) lagi, tapi Caplin tetap mempertahankan ciri khasnya dengan film bisunya namun tentu saja diselipkan beberapa efek suara mesin, musik, maupun efek suara benda-benda yang dia tampilkan, dengan tujuan agar orang-orang pada jaman itu yang sudah tidak terbiasa dengan film bisu tetap dapat menikmati dan menyukai film garapannya ( contohnya : film Modern Times).

Semasa hidupnya Ia pernah mendapatkan beberapa penghargaan, dimana pada saat Ia menerima penghargaan kehormatan yang kedua Ia mendapatkan sambutan tepuk tangan selama 5 menit penuh yang hingga sekarang tercatat sebagai standing ovation terlama sepanjang sejarah Academy Award. Kepiawaiannya dalam membuat film sekaligus memerankan sebuah tokoh pun diakui oleh Ratu Elizabeth II yang memberikan Gelar Satria (
Knight Commander of the British Empire (KBE) ).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar