24 Maret 2009

ALIRAN-ALIRAN DALAM DESAIN


Art and Craft Movement

Adalah sebuah gerakan yang berusaha menghidupkan kembali ketrampilan manusia dalam seni dan kriya(craft) sebagai upaya menolak kehadiran industri yang menggunakan tenaga mesin. Didirikan oleh John Ruskin dan William Morris pada tahun 1888 di Inggris.
Gerakan ini terjadi di Inggris, Kanada, dan Amerika pada akhir abad 19 hingga awal abad 20 tepatnya pada tahun 1880 hingga 1910.Art and craft movement memberikan kesan kembali ke periode gothic, roccoco, dan renaisans. Salah satu ciri utamanya adalah karya seni dibuat secara individu oleh seniman dengan sentuhan artistik yang khas. Setiap karya digarap dengan serius dan teliti.Salah satu ciri utamanya adalah karya seni dibuat secara individu oleh seniman dengan sentuhan artistik yang khas. Setiap karya digarap dengan serius dan teliti.Tokoh-tokohnya antara lain John Ruskin, William Morris, T.J. Cobden Sanderson, Walter Crane, Nelson Dawson, dan Phoebe Anna Traquair.Gerakan ini ingin menampilkan reformasi sosial ,peduli terhadap kehidupan buruh, dan ingin menghasilkan barang indah dengan harga terjangkau oleh orang banyak meskipun akhirnya mendapat kritik bahwa barang yang dihasilkan malah mahal dan hanya bisa dijangkau orang kaya.



William Morris




Art Nouveau

Adalah sebuah aliran seni yang memiliki gaya dekoratif tumbuhan(flora) yang meliuk-liuk. Aliran ini muncul di Eropa dan Amerika mulai tahun 1819 hingga menjelang perang dunia pertama (1914). Ukiran dan ulir flora pada aliran ini dibuat cenderung tampil berlebihan untuk menekankan keterampilan yang sifatnya yang sangat emosional. Gaya ini diaplikasikan dalam seni, arsitektur, furnitur serta perabot logam dan ilustrasi buku serta berbagai barang cetakan.

Tokoh-tokohnya antara lain : Charles Rennie Mackintosh(Inggris), Henry van de Velde(Austria), seorang arsitek Antoni Gaudi(Spanyol), Pierre Bonnard, Alphonse Mucha.

Di Eropa aliran ini memiliki beberapa nama antara lain: Judgenstil (di Jerman), Vinna Secession (di Austria), Stile Liberty (Italia), Modernista (Spanyol), dan Glassgow School (di Inggris).

Gaya Art Nouveau lebih banyak diterapkan dalam seni dan barang-barang untuk konsumsi orang-orang kaya.



Alphonse Mucha




Ekspresionisme


Adalah karya seni yang menampilkan ekspresi atau perasaan spontan, pemikiran serta pemahamansosial atau religius dari seniman.

Pelopor utamanya adalah Eduard Munch pelukis Norwegia dengan salah satu lukisannya yang terkenal The Scream (1893).





Kubisme

Adalah aliran seni yang melihat kubus sebagai unsur dasar yang membentuk tiap benda yang ada di alam.

Seniman-seniman yang terkenal antara lai

n : Georges Braque (1882-1963), Pablo Picasso.

Kubisme dapat dibagi menjadi dua jenis : Kubisme Analitis dan Kubisme Sintesis.



Guernica”






Futurisme


Futurisme adalah suatu paham dari beberapa orang atau sekelompok orang yang percaya atau yakin akan adanya masa mendatang yang lebih baik, dalam arti lebih modern, lebih konkrit, bahkan diyakini bahwa manusia akan mampu menguasai jagad raya dengan tehnologi yang dimilikinya nanti.

Futurisme merupakan aliran seni di Italia yang didirikan tahun 1909 oleh Fillipo Marinetti, seorang sastrawan. Gerakan ini mendapat inspirasi dari kehidupan yang berubah menjadi modern berkat teknologi mesin yang menghasilkan unsur gerak dan kecepatan sebagai unsur yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia di awal abad ke-20.

Futurisme banyak mempengaruhi bidang kesenian seperti: seni lukis, seni patung, seni musik, desain dan arsitektur. Futurisme juga berpengaruh pada perkembangan tipografi. Selain itu futurisme yang memanfaatkan tipografi banyak dipakai dalam mengungkapkan perasaan dalam berpuisi.

Tokoh-tokohnya antara lain : (dalam bidang sastra) Marinetti, Giacomo Balla, Ardengo Soffici, dan Stephane Mallarme.





F.Marinetti


1 komentar:

  1. Hello,

    I'd appreciate if you can give me some feedback on our site: www.regencyshop.com

    I realize that you are home decor-modern design connoisseur :) I'd like to hear your opinion/feedback on our products. Also, it'd be swell if you can place our wassily chair link on your blog.

    Thank you,

    Nancy

    BalasHapus